Alat Pelindung Diri - Electricity Live

Blog khusus seputar | Ilmu | Pengetahuan | Tentang Pembangkit Listrik ada di @electricitylive

Post

Post Top Ad

Sabtu, 19 Oktober 2019

Alat Pelindung Diri





Alat Pelindung Diri sebagai salah satu penerapan melaksanakan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dapat memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Perusahaan dan pekerja sama-sama harus mengetahui tentang keselamatan kerja sesuai dengan standar yang berlaku. Salah satunya dengan menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) yang sesuai dengan standar. Bagi seorang pekerja, keselamatan kerja menjadi salah satu hal utama yang perlu diperhatikan.
macam-macam Alat Pelindung Diri seperti :

Alat Pelindung Kepala

Helm Pengaman


Helm pengaman untuk melindungi kepala dari benturan atau tertimpa benda jatuh.

Tutup Kepala

Tutup kepala untuk menjaga kebersihan rambut dan mencegah lilitan rambut dari mesin.

Pelindung wajah (Face Shield)

Berfungsi sebagai pelindung wajah dari percikan benda asing saat bekerja (misal pekerjaan menggerinda).





Alat Pelindung Diri ini harus diperhatikan kondisinya. Jika rusak atau tidak dapat berfungsi dengan baik harus segera dimusnahkan. Beberapa juga memiliki masa pakai, sehingga perawatannya harus lebih diperhatikan dan dicatat waktu pembelian serta masa pemakaiannya.

Alat Pelindung Mata

Kacamata safety

Berfungsi untuk melindungi mata dari paparan partikel yang melayang di udara atau pun di air, percikan benda kecil, benda panas atau pun uap panas, menghalangi pancaran cahaya yang langsung ke mata, benturan, serta pukulan benda keras dan tajam.

 
Gunakan kacamata yang sesuai dengan pekerjaan yang ditangani, misalnya untuk pekerjaan las diperlukan kacamata dengan kaca  yang  dapat menyaring sinar las, kacamata renang digunakan untuk melindungi mata dari air dan zat berbahaya yang terkandung di dalam air.

Alat Pelindung Mulut & Hidung

Masker (Respirator)

Berfungsi untuk menyaring udara yang dihirup saat bekerja ditempat yang memiliki kualitas udara kurang baik/berdebu.

Alat Pelindung Tubuh

Wearpack 

adalah pakaian keselamatan kerja yang wajib dipakai pada beberapa bidang pekerjaan. Kecelakaan saat bekerja terkadang sulit untuk dihindari. Baju keselamatan kerja atau pakaian safety (Safety Wear) lebih dikenal masyarakat sebagai wearpack.

Alat Pelindung Tangan

Sarung Tangan

Berfungsi untuk melindungi jari-jari tangan dari api, suhu panas, suhu dingin, radiasi, arus listrik, bahan kimia, benturan, pukulan, tergores benda tajam ataupun infeksi dari zat patogen seperti virus dan bakteri.
Gunakan sarung tangan yang tidak menghalangi gerak jari dan tangan.  Pilih sarung  tangan  dengan bahan   yang sesuai dengan jenis pekerjaan yang  ditangani, misalnya sarung tangan untuk melindungi diri dari tusukan atau sayatan, bahan  kimia berbahaya, panas, sengatan listrik atau radiasi tertentu, berbeda bahannya.

Alat Perlindungan Telinga

Ear Plug/Ear Muff

 
Ear muff
Ear plug

Untuk melindungi pekerja dari kebisingan, percikan bahan berbahaya. kualitas udara buruk (misal berdebu, beracun)

Alat Pelindung Kaki

Sepatu Safety

Seperti sepatu biasa namun terbuat dari kulit dilapisi dengan baja dan sol dari karet tebal dan kuat
Berfungsi untuk melindungi kaki dari jatuhnya benda-benda keras dan tajam saar bekerja.

Alat Pelindung di Ketinggian

Safety harness 


adalah perlengkapan alat perlindungan diri yang bentuknya seperti sabuk pengaman yang umumnya digunakan orang yang pekerjaannya berhubungan dengan ketinggian. Sebagaimana dinyatakan dalam  SK Dirjen Pembinaan dan Pengawasan Naker No. 45/2008 tentang Pedoman Kerja di Ketinggian menyebutkan bahwa bekerja di ketinggian harus menggunakan full-body harness (EN-361). Dikatakan full body harness karena memang safety harness ada yang tidak full.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad